Farmasis–>Analisis

  • Posted on June 8, 2012 at 9:20 pm

Alhamdulillah akhirnya menulis juga untuk kedua kalinya.

masih bingung juga dengan tulisan apa yang ingin ditulis diblog ini, terutama tentang dunia kefarmasian.Dunia di mana aku masuk sekarang dan sedang mempelajari serta memahami secara perlahan tentang apa itu farmasi.

Masih teringat betul aku dengan cerita kakakku tentang tanggapan tetanggaku terkait studiku ini. Aku yang belajar di farmasi, mereka bilang setelah aku lulus aku akan menjadi guru kimia. Aku hanya terdiam aja dengan tanggapan itu. Tidak pernah ada sebersit pun keinginanku untuk menjadi guru. tidak ada kata guru dalam kamusku meski aku tahu profesi guru adlah profesi yang sangat mulia. tapi, aku merasa tidak ada profesi yang mulia kecuali jika kita menjadikan profesi kita itu sesuatu yang mulia. Termasuk farmasis.

Lalu, apa hubungannya dengan judul tulisan ini?

Apa sih yang kalian ketahui tentang farmasis? Tentang menjadi seorang farmasis. Mengingat di fakultasku yang tercinta ini, aku benar-benar merasa ‘agak’ senang dengan masuk ke peralihan kurikulum. Kalian pasti tanya, Kenapa????

Di kurikulum yang baru ini, aku merasa aku semakin banyak mendapat kesempatan untuk mengenal dunia kefarmasian secara lebih menyeluruh, di mana ilmu-ilmu itu semua bisa aku dapet, mulai dari farmasi sosialnya, bagaimana memformulasi obat, mempelajari aktivitas obat, mempelajari semua sumber di mana obat itu berasal, dan analisis obat.

Tentang analisis obat,

Dosenku bilang, analisis ini menjadi hal pokok yang harus dilakukan seorang farmasis, karena kitalah yang nantinya harus bertanggung jawab terhadap apa yang kita buat, apa yang ada dan akan dikonsumsi masyarakat dan ini hanya bisa dijamin dengan analisis. Analisis obat itu seperti teka-teki, kita harus mencari metode yang tepat, akurat, spesifik, sensitif, dan valid untuk suatu molekul obat…(istilahnya bejibun eiiiyyy..hehehe)

Hmmm…besok, mungkin akan aku ceritakan sedikit banyak suka duka praktikum semester ini yang sangat erat dengan analisis ini, yaitu Analisis Obat Makanan dan Kosmetik atau AOKM yang merupakan mata kuliah baru di kurikulum 2012 di fakultas ku ini. *korban kurikulum baru*

Please Comment Here :)

Leave a Reply