Hidup di Farmasi itu Ada 50 Pilihan, Tanya Kenapa?

  • Posted on February 5, 2013 at 1:02 am

Hidup di Farmasi itu Ada 50 Pilihan, Tanya Kenapa?

Sebenarnya agak berlebihan juga bila dikatakan bahwa hidup di farmasi itu ada 50 pilihan karena pilihan yang ada justru lebih dari itu. Mau buktinya? Ada. Datang ke kampus farmasi, terutama ke kantinnya, kita akan dibingungkan dengan pilihan makanan siang (Nggak semua temenku bingung sih, mungkin aku saja.-red). Mau makan siang apa hari ini? Soto, ada. Mie ayam, ada. Nasi goreng, ada. Gado-gado, ada. Nasi sayur, ada terlebih dengan aneka ragam pilihan sayurnya yang InsyaAllah menyehatkan. Itu kan pilihan (Aduh, jadi pengen nampilin foto kantin farmasi nih. Kapan punya kamera??huhuhuhu..:( ). Mau bukti lain? Aku mengenal kampusku ini sebagai kampus dengan pilihan minat studi yang variatif. Mungkin karena adanya kurikulum baru ini. Belum percaya? Bukti lain, fakultasku ini sudah mulai ramai dihuni oleh berbagai macam kendaraan, mulai dari sepeda onthel, sepeda lipat, sepeda kampus, motor (ini paling banyak), mobil (terbanyak kedua), dan kendaraan lain yang biasa digunakan mahasiswa untuk mobilisasi. Tentang transportasi yang banyak dipakai di kampusku akan aku tulis dalam artikelku yang lain, judulnya “Jaga Kami Ya, Belum Terlambat”, entah bakal dirilis kapan. As soon as possible, Insya Allah.:)

Nah, itu juga bukti banyaknya pilihan hidup di farmasi kan? Sudah ada 50 belum ya? Dihitung dan dicari bukti lain aja sendiri ya karena tujuanku menulis artikel ini bukan untuk menghitung banyaknya ‘pilihan’ di farmasi. (Hayooo, hati-hati ya dalam menerjemahkan kata pilihan ini. Bisa jadi lain entar maknanya.-red)

Lalu apa maksud dari 50 ini? Hmmm..Mungkin harus diawali dulu dengan sebuah pengenalan kehidupan kampusku. Minggu ini, tepatnya dari tanggal 4-6 Februari 2013 ini adalah masa-masa krs-an di kampusku. Nah, hal yang paling dipantengin mahasiswa atau menjadi perhatian utama mahasiswa dalam krs-an ini adalah jadwal kuliahnya. FYI!, Pada masa krs-an ini, tidak banyak mahasiswa yang pergi ke kampus dengan alasan masih ingin bersama keluarga (termasuk saya.hehehe), ada strategi khusus yang biasa kita-kita pakai, yaitu krs belakangan. Jadi, krs online dulu, terus yang manual nyusul pas masuk kuliah. Tapi, sebenarnya kita patut berhati-hati lho Guys, gimana kalo DPA kita baru keluar kota, padahal krs itu harus ditandatangani untuk dipakai buat registrasi praktikum #Panik. Yup, termasuk di kelasku. Walau sudah terbagi-bagi dalam peminatan, Insya Allah kelasku tetep kompak ya.

Kembali ke awal paragraf, hal yang menjadi fokus utama wktu krs-an adalah jadwal kuliah. Gimana mendapatkan jadwal kuliah yang nggak tabrakan apalagi ternyata angkatanku (2010) menghadapi situasi yang tidak biasa (seperti biasa-red), jadwal banyak yang tabrakan antara jadwal matkul General Pharmacy dan matkul Wajib Minat. Untuk itu, mari kita sama-sama berdoa semoga pihak akademik segera membuat pengaturan jadwalnya ya, kawan.

Ada yang menarik dengan jadwal kuliah semeter ini, kawan. Coba kalian tengok, papan dan tulis (baca teks ini dengan nada lagu tik-tik hujan.hahaha.-red). Maksudnya papan tulis yang biasa ditempeli kertas berisi jadwal kuliah. Atau di kaca di ruang akademik ya, aku nggak tahu, belum ke kampus.hehehe. Untungnya temanku ada yang nge-share foto ini di grup kelas. Thanks for Dwinita buat fotonya yang sangat menginspirasiku untuk nulis coretan ini (Jangan lupa nraktir aku ya karena namamu ada di blogku.*becanda)

Ini fotonya.

 

Bisakah Anda melihat dengan jelas fotonya dan tulisan yang ada di dalam foto itu?

Kurang jelas?

Ini aku zoom lagi. Sudah jelas kan? 🙂

Terlihat di jadwal itu ada satu baris bertuliskan ISTIRAHAT pada pukul 12.00-12.50. Dah mulai tahu kan darimana angka 50 ini?

Menurutku, itu adalah sesuatu yang baru. Kebijakan yang baru di kampusku. Yeeyyyy..akhirnya ada jam istirahat. Sempet aku bertanya-tanya bisa nggak sih farmasi ada jam istirahatnya kayak di fakultas teknik itu (Pertanyaan ini muncul saat aku datangi fakultas teknik program teknik geodesi, di mana jadwal istirahat ditulis pada pukul 11.00-13.00. Lebih lama memang.)

Dan aku seneng. Akhirnya ada kebijakan ini dari bapak-bapakku yang mengampu amanah. Terima kasih, Bapak. Nah, salah satu wujud ucapan terima kasih dan syukur kita adalah dengan memanfaatkan apa yang telah diberikan tadi dengan sebaik-baiknya manfaat bagi kita, setidaknya diri sendiri, kalo bisa bahkan bagi orang lain.  Mau kamu gunakan untuk apa 50 menit yang diberikan fakultas itu? Banyak pilihan yang sebenarnya bisa temen-temen ambil. Ada yang memilih menggunakan 50 menit itu untuk beristirahat (tidur+makan siang), ada juga yang miih buat rapat di sekre untuk bahas agenda kampus, ada yang milih buat ngerjain laporan/resume praktikum (nggak tau juga kalo ini.hehehe), ada juga yang milih untuk sholat dhuhur, ada yang membaca istilahnya nyicil materi kuliah, ada yang milih ngobrol bareng temen-temennya di taman, ada yang ke laboratorium buat njagain adik tingkat praktikum (kalo ini kayaknya nanggung banget deh.-red), atau ada pula yang sekedar nunggu dalam kelas dengan alasan itung-itung ngadem dalam ruangan kelas daripada kepanasan di luar. Yup, teman-teman. Inilah aktivitas yang biasa kita lakukan di kampus. Tapi, apa pun aktivitas yang kita lakukan itu, pastikan itu pilihan yang terbaik untuk kita karena perlu kita ketahui bahwa pilihan yang kita pilih saat ini akan menentukan jalan selanjutnya dalam kehidupan perkuliahan. Jangan sampai yang terjadi adalah 50 menit yang diberikan itu hanya akan menjadi pembuangan waktu yang sia-sia bagi pihak fakultas. Bijaklah dalam menggunakan waktu ya.

Oke, ini aja deh isnpirasiku pagi ini. Harapanku, Semoga kebijakan yang baik ini dapat kita jalankan dan manfaatkan dengan baik ya , kawan. Selamat KRS-an, Selamat Menyambut Semester Baru, Selamat Memilih..:)

Sumber gambar:

http://www.balairungpress.com/2012/04/menyoroti-pengelolaan-sepeda-kampus/ diakses tanggal 5 Februari 2013 jam 02.00 WITA.

www.sepedakampus.ugm.ac.id, diakses tanggal 5 Februari 2013 jam 02.00 WITA.

Please Comment Here :)

1 Comment on Hidup di Farmasi itu Ada 50 Pilihan, Tanya Kenapa?

  1. Bertengger says:

    Bagus tulisannya.
    Berpikir positif ttg fakultas dan berbuat sesuatu yg bermanfaat.
    Smga di kampus2 lain juga seperti ini.
    Langkah maju langkah farmasi.
    Do the best or you’ll never get the best.

Leave a Reply