Apa yang bisa kamu berikan untuk almamater mu?

  • Posted on March 6, 2013 at 6:18 pm

Pertanyaan ini aku dapatkan kala aku mengikuti satu training kepemimpinan yang diadakan oleh direktorat ppkb ugm bulan akhir tahun 2012 lalu.

Perlu berpikir lama tentang hal ini, tentang apa yang bisa aku lakukan untuk almamaterku ini, apakah aku ingin menjadi seperti teman-temanku yang berbondong-bondong ikut PKM dan PIMNAS untuk membawa nama baik UGM, apakah diri ini ingin melakukan berbagai macam penelitian dan banyak menghasilkan publikasi ilmiah untuk mendukung visi UGM menjadi World Class Research University, apakah aku mau megikuti berbagai ajang lomba, olahraga, konseling, atau kah yang lain, yang bisa memberikan nilai lebih almamaterku.

Aku. Namaku Nishaa, lengkapnya Khairu Nishaa. Dari maknanya mungkin terlihat atau terpapar dengan jelas bahwa orang tuaku mengharapkanku menjadi “Wanita yang terbaik” atau menurutku “Wanita yang lebih utama”. Terbaik itu mungkinse sebagian orang adalah menjadi nomor satu, menjadi juara, menjadi terdepan, atau menjadi yang ter- ter- yang lain. Gimana ya ngomongnya?

Melihat banyaknya teman-temanku yang berprestasi, memang diri ini sangat ingin seperti mereka. Berkompetisi, bersaing dengan universitas lain untuk menunjukkan bahwa inilah almamaterku, inilah UGM.

hmmmmmm.

Apa sih yang bisa dilakukan oleh seorang Nishaa untuk almamater-nya? Pertanyaan ini aku tanyakan pada diriku sendiri. Pada training itu, aku sempat menuliskan apa-apa yang ingin aku lakukan, salah satunya demi almamaterku. Banyak macamnya, mulai dari sosial, bidang penelitian, dan hingga akhirnya aku tersadar. Aku, dengan apa yang kupunya, mungkin masih belum bisa memberikan apa-apa yang membanggakan untuk almamaterku, tapi dari hasil analisis SWOT ku (walau belum sempurna), aku merasa ada 1 hal yang bisa kuberikan. TULISAN.

Yup, rangkaian kata-kata yang terlontar atau terlukis dalam kanvas blog ini,

menari-nari untuk menyampaikan pemikiranku, idealismeku, cita-citaku, tanggapanku akan fenomena yang ada, dunia baruku, dan harapan-harapanku di masa depan. Dari tulisan, aku bisa belajar untuk mengungkapkan apa yang aku pikirkan secara lebih bertanggung jawab.

TULISAN. Banyak orang yang belum bisa memahami arti rangkaian kata itu. Tentang makna yang ada di dalamnya. Mungkin kita hanya perlu berulang kali membacanya untuk bisa mengerti.

Ada makna dari setiap kata.

Suatu saat, aku akan mengerti

Apalagi yang bisa kita lakukan dan kita hargai jika bukan dari apa yang kita miliki?

Tulisan ini,

adalah satu hal yang berharga dalam hidupku.

 

Please Comment Here :)

Leave a Reply